Beyond Beautiful : Wanita; Keluarga dan Cinta

Kumpulan tips bagi wanita tentang bisnis, karir, keluarga dan cinta. Sukses itu penting, namun cinta lebih penting.

Sunday, April 7, 2013

Jika Harus Pindah Kerja

Beberapa hari terakhir Sherly terlihat bingung. Seorang teman lamanya menawarkan sebuah peluang kerja di tempat kerja sahabat lamanya itu. Kebetulan perusahaan itu sedang melakukan perluasan usaha dan memerlukan talenta muda untuk menduduki beberapa posisi strategis. Dan Sherly merasa memiliki kompetensi seperti yang dibutuhkan. Dia juga melihat ada peluang dan tantangan baru disana.

Bagaimana cara yang efektif untuk melamar pekerjaan ke tempat lain sementara Anda masih terdaftar dan terikat di satu perusahaan?

Sebenarnya kunci melamar pekerjaan saat Anda masih berstatus karyawan di perusahaan, terletak pada kepandaian Anda mengatur waktu dalam mencari pekerjaan baru. Untuk itu Anda harus mempelajari situasi, kapan waktu yang tepat untuk membuat resume dan menyiasati waktu untuk melakukan interview di sela-sela waktu kerja.

Dalam hal ini Anda harus mendapatkan pekerjaan baru tanpa menimbulkan anggapan nggak enak di mata rekan-rekan, terlebih lagi atasan Anda.

Nah, tips berikut mungkin akan membantu Anda:
-               Gunakan email terpisah untuk mengirimkan surat lamaran Anda. Hati-hati, jangan gunakan fasilitas perusahaan untuk mengirim resume, karena seluruh kegiatan email Anda akan mudah dilacak oleh perusahaan. Jadi, gunakan email terpisah, buatlah account pribadi untuk keperluan mengirim CV, resume atau lamaran.
-               Pilihlah waktu yang tepat untuk membuat surat lamaran. Saat Anda sibuk dan butuh konsentrasi jangan sekalipun membuat resume. Pilih waktu longgar di sela-sela pekerjaan. Kalau perlu korbankan waktu istirahat Anda sejenak untuk membuat dan mengirim resume. Singkatnya, jangan sampai mengganggu pekerjaan Anda.
-               Pilihlah lowongan kerja yang benar-benar sesuai dengan kemampuan, minat, dan keinginan. Jangan asal melamar kerja tanpa mempertimbangkan kualifikasi dan kemampuan. Ini juga untuk menghindari panggilan interview yang sia-sia.
-               Saat memenuhi panggilan wawancara, pikirkan alasan yang tepat agar bisa keluar kantor untuk memenuhi panggilan tersebut. Siasatilah waktu sedemikian rupa agar bisa datang interview tetapi tidak perlu bolos kerja. Karena itu, saat Anda dihubungi untuk wawancara, tanyakan kepastian waktunya.
-               Bersabarlah untuk tidak mengumumkan kepada rekan-rekan kerja mengenai rencana kepindahan Anda. Jika sudah mendapat kepastian diterima di perusahaan baru, barulah Anda beritahukan hal ini pada bos. Bicarakan secara baik-baik rencana kepindahan Anda beserta alasan yang paling rasional.
-               Jangan lupa selesaikan pekerjaan yang masih menjadi tanggung jawab Anda. Ingat, hari-hari terakhir menjelang kepindahan, Anda harus meninggalkan kesan sebaik mungkin di mata bos dan rekan-rekan. Dengan demikian, Anda bisa resign dan pindah kerja dengan sukses.

Jika saatnya tiba, semoga sukses di tempat yang baru! [js]

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.