Beyond Beautiful : Wanita; Keluarga dan Cinta

Kumpulan tips bagi wanita tentang bisnis, karir, keluarga dan cinta. Sukses itu penting, namun cinta lebih penting.

Sunday, April 14, 2013

Makanan Sehat untuk Diet Penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung masih menduduki peringkat tertinggi penyebab kematian di dunia. Jantung merupakan organ paling vital pada manusia selain paru-paru. Ketika jantung berhenti berdenyut, secara otomatis aliran darah terhenti dan segala jenis metabolisme akan terhenti pula. Akibatnya manusia tidak mampu mempertahankan hidupnya. Kesehatan jantung dapat dijaga melalui pola makan yang tepat. Berikut akan dibahas mengenai diet jantung yang tepat.
Terdapat berbagai jenis makanan yang perlu untuk dikonsumsi ataupun dihindari. Adapun makanan yang baik bagi jantung antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Pisang
    Kandungan kaliumnya sangat bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu kalium pada pisang mampu membantu kestabilan tekanan darah.
  2. Anggur
    Buah yang dikenal sebagai makanan para raja ini memang memiliki harga yang relatif tidak murah. Namun anggur mempunyai khasiat yang sangat bagus terutama bagi kesehatan jantung. Kandungan vitamin E dan beberapa senyawa penting yang terdapat pada anggur telah terbukti mampu mencegah penyakit jantung.
  3. Apel
    Apel merupakan buah yang segat dan nikmat disantap terutama malam dan pagi hari. Ternyata buah dengan tekstur keras ini sangat baik untuk diet jantung. Bagi anda yang ingin memiliki kondisi jantung prima, setelah berolah raga, sebaiknya segera minum air putih dan menyantap satu butir buah apel segar. Kulit apel juga sangat bak untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu sebaiknya apel dikonsumsi tanpa dikupas kulitnya. Selain itu, dengan masih adanya kulit, menghindari proses oksidasi pada daging buah apel yang dapat mengurangi nilai gizi dari apel.
Adapun jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi demi kesehatan jantung antara lain adalah :
  1. Kafein
    Senyawa yang banyak terdapat pada kopi dan cokelat ini dapat dikatakan sebagai musuh bagi pengidap penyakit jantung. Kafein mampu meningkatkan tekanan darah serta mempercepat denyut jantung. Sehingga sebaiknya pola konsumsi kafein perlu dikontrol.
  2. Kolesterol
    Kolesterol dapat memberikan sumbatan pada pembuluh darah sehingga dikahawtirkan dapat menghambat proses sirkulasi darah yang berimbas terhadap kerja jantung. Sumbatan kolesterol pada arteri sering menimbulkan masalah pada jantung.
  3. Kalsium
    Kalsium pada takaran normal bagus untuk dikonsumsi. Namun pada individu yang memiliki kecenderungan memiliki tekanan darah yang kurang stabil khususnya hipertensi sebaiknya dikurangi
http://artikelkesehatanwanita.com/makanan-sehat-untuk-diet-penderita-penyakit-jantung.html

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.