Beyond Beautiful : Wanita; Keluarga dan Cinta

Kumpulan tips bagi wanita tentang bisnis, karir, keluarga dan cinta. Sukses itu penting, namun cinta lebih penting.

Thursday, March 7, 2013

6 Bekal Menjadi Manager Handal

Seorang bos atau manajer memiliki 'sesuatu' yang membedakan mereka dari orang lain di kantor. 'Sesuatu' itu sebenarnya bukan misteri, tapi sebuah kebiasaan positif yang bisa dilakukan siapa pun untuk meraih sukses, termasuk Anda. Inilah rahasianya:

1. Disiplin
Anda mungkin tahu, betapa mudahnya melakukan suatu pekerjaan ketika sedang bersemangat tinggi.
Tapi, cobaan hidup biasanya datang saat Anda sedang tidak termotivasi atau tidak berenergi. Apakah hal- hal ini cukup sebagai alasan untuk memusuhi semua rekan kerja dan menyepelekan pekerjaan Anda? Tidak!

Sebagai manajer, Anda bertindak sebagai role model. Anda menjadi standar bagi perilaku orang di kantor. Karena itu, pastikan standar yang Anda buat cukup tinggi. Satu detik saja Anda isi dengan impulsivitas Anda yang kadang-kadang memalukan itu, maka akibatnya akan segera terasa pada karir dan reputasi Anda.
Untuk itu, cobalah baca buku Daniel Goleman, Working With Emotional Intelligence. Tanda-tanda bahwa Anda bisa mengontrol diri sendiri adalah dengan menangani sikap bermusuhan orang lain tanpa harus balas memusuhinya.

2. Konsisten
Manajer yang baik tidak pernah mengintimidasi orang lain untuk memperoleh hasil. Semua pekerjaan - terutama posisi manajemen - melibatkan dukungan dan asistensi terhadap orang lain. Sendirian saja, akan membuat Anda tidak bisa menunjukkan performa sebenarnya, kecuali bila Anda memiliki tim yang tangguh. Apalagi bila Anda memperlakukan orang lain dan bawahan Anda dengan buruk.

Entah Anda butuh atau tidak, memperlakukan orang lain dengan buruk akan mempengaruhi self-esteem. Bagaimana Anda bisa merasa senang bila Anda tahu bahwa Anda sedang memusuhi atau tak mengacuhkan orang lain? Dan bila Anda sedang tidak senang, bagaimana Anda bisa efektif?

3. Tujuan Jelas
Sebagai manajer, Anda diharapkan lebih memperjelas maksud dan tujuan dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Tulislah tujuan pribadi dan tujuan kantor Anda. Taruh di suatu tempat yang akan membuat Anda melihatnya setiap hari - sebagai reminder.

4. Bersahabat
Ah, sudah bukan zaman lagi membungkam kritik. Memang menyakitkan, tapi Anda tak boleh menghindarinya. Lagi pula, cara apa lagi untuk meningkatkan diri selain mengetahui kelemahan diri? Dalam dunia bisnis, kredibilitas dan reputasi Anda memainkan peran penting atas sejauh mana - dan seberapa cepat - Anda maju. Bila Anda pandai, kritik akan membuat Anda melaju.

5. Solution Maker
Jadilah pembuat solusi, bukan menjadi pihak yang mengidentifikasi masalah. Tak perlu ada bakat khusus untuk menemukan kesalahan, tapi perlu ada anugerah tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah. Kalau Anda bisa, Anda telah menunjukkan suatu perilaku yang efektif.

6. Antusias
Manajer seperti apa yang berjalan gontai, punggung dan bahu letih, serta kurang energi? Pastilah anak buahnya akan memberontak, dan tidak menghargai sama sekali. Karena itu, dalam posisi ini, Anda harus selalu penuh vitalitas, berenergi, dan selalu antusias. Bawahan Anda akan menyerap energi Anda dan akan menunjukkan passion terhadap pekerjaan yang dilakukannya di bawah Anda.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.