Saya yakin kita semua pernah mengalami saat-saat dimana pekerjaan mulai terasa menyebalkan karena besarnya tekanan yang kita peroleh saat bekerja. Mungkin mulai merasa customer kita semakin rewel dan cerewet, bos yang mulai bertingkah sangat menyebalkan dengan terus-menerus tidak puas dengan pekerjaan atau bahkan mencela hasil kerja kita.
Jika Anda baru merasakan tersebut belakangan ini, hati-hati, mungkin ini pertanda anda mulai mengalami apa yang dinamakan burnout atau yang biasa kita sebut dengan kejenuhan (yang biasanya disebabkan oleh stres).
Sekali lagi, hati-hati dan jangan dianggap enteng, salah-salah bukan hanya pekerjaan tapi juga kesehatan anda yang terganggu.
Namun jika benar Anda mengalami hal tersebut, dari beberapa sumber di internet dan artikel-artikel yang saya baca, berikut beberapa aktivitas yang cukup efektif untuk mengatasi kejenuhan ini :
1. Nikmati kehidupan di luar pekerjaan
Saat anda
mempunyai waktu luang/libur, nikmatilah kehidupan di luar pekerjaan Anda dengan
sebaik-baiknya. Apalagi jika memiliki club, komunitas sosial dan lainnya.
Bergabunglah bersama mereka. Anda juga bisa memanfaatkan waktu bersama
anak-anak untuk bermain bersama mereka. Dengan begitu saat kembali kerja,
mudah-mudahan anda akan kembali bersemangat.
2. Kesalahan Kecil
Jika terjadi kesalahan
kecil, bukan berarti dunia kiamat, jadi jangan ragu-ragu. Sesekali buatlah kesalahan-kesalahan
dalam pekerjaan, namun hati-hati, kesalahan yang kecil saja, artinya yang tidak
mempengaruhi pekerjaan Anda. Secara tidak langsung, hal ini akan merangsang
kreativitas dan imajinasi anda dalam bekerja. Plus, tantangan baru akan
tercipta.
3. Curhat dengan Rekan Kerja
Kehidupan di pekerjaan
dewasa ini membuat seseorang menjadi cenderung individualis. Sekedar hang-out
atau makan siang bareng dengan rekan-rekan kerja anda akan menjadi obat
menenangkan jiwa Anda. Siapa tahu dengan ngobrol dengan rekan kerja, anda bisa
menemukan solusi masalah. Bukan tidak mungkin rekan kerja anda pernah mengalami
masalah yang sama dengan yang anda alami saat ini.
4.
Relaksasi
Semakin cepat anda
bekerja, semakin mudah anda terserang stres. Untuk mengatasinya, selalu bawa
kertas dan pensil untuk mencatat kejadian-kejadian yang membuat anda stres di
sepanjang hari kerja. Kemudian setelah tiba di rumah, coba anda duduk dan
renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi hari ini selama 5 sampai 15
menit.
5.
Kenali
Stres Anda
Sebagian orang membawa masalah di rumah hingga kantor. Cobalah pilah masalah Anda, apakah yang menjadikan anda
merasa kesal adalah karena adanya tekanan di kantor atau bawaan dari masalah
di rumah yang tidak terselesaikan. Dengan mengenali penyebab stres, maka akan
lebih mudah menemukan jalan penyelesaiannya.
6.
Konseling
Jika anda tetap tidak
bisa menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi problema anda, ada
baiknya anda menemui konselor/psikolog yang memang memiliki kemampuan
untuk mengatasi hal- hal seperti ini. Tidak ada yang aneh jika seseorang pergi
ke psikolog. Atau jika Anda lebih yakin bisa konseling ke rohaniawan Anda.[]
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.