Sudahkah Anda membuat MUDAH agar Pasar
Global MENJANGKAU bisnis Anda? Juga apakah Anda secara aktif berupaya
MENJANGKAU pasar global? Banyak cara untuk melakukan hal itu. Namun bila
ditinjau dari segi investasi, apa cara yang paling murah?
Jawabannya adalah melalui strategi
EMARKETING. Bob Julius Onggo dalam ‘Cyber Branding Through Cyber Marketing’ mengulas hal ini dengan gamblang.
Berikut adalah kutipan artikel 12 Strategi agar produk Anda menjangkau dan
dijangkau pasar.
Sekadar memiliki situs web saja, bukan
berarti perusahaan Anda telah melakukan strategi emarketing. Menurut buku "Rethinking Marketing"
dan juga buku "Rethinking the Sales Force" telah terjadi pergeseran
fungsi marketing dan fungsi sales force. Kedua fungsi ini apalagi dalam era globalisasi merupakan
bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam strategi bisnis korporat.
Suatu commerce tradisional (agar terjadi
jual-beli) tidak bisa berjalan tanpa adanya fungsi marketing dan fungsi sales
yang solid. Karena kedua fungsi ini sangat berperan dalam membidik pasar
(market development) dan memotivasi EMOSI dan MINAT prospek untuk dikonversi
menjadi pelanggan.
Karena itu proses ini pun sangat diperlukan
agar dunia e-commerce berhasil. Tanpa fungsi EMARKETING dan ESALESMAN yang
solid, maka proses hingga ke fullfilment (terjadinya jual-beli) tidak akan atau
sulit terjadi. Inilah penyebabnya mengapa generasi e-commerce pertama mengalami
kegagalan.
Generasi e-commerce pertama lebih banyak
digembar-gemborkan oleh hiruk pikuk para pelaku TI, bukan oleh para pelaku
marketing atau dunia bisnis.
Karena itu, kolom kali ini, saya akan
memperlihatkan bahwa agar e-commerce berhasil, maka harus didukung oleh
EMARKETING dan konsep ESALESMAN yg mantap.
Karena itu peran dari strategi EMARKETING
adalah untuk membantu "marketing mix" dalam membuat MUDAH bagi SIAPA
SAJA untuk menjangkau bisnis Anda, atau sebaliknya.
Media utama untuk memenuhi hal ini dalam
skala global adalah Internet. Karena internet telah MENGAWINKAN teknologi
informasi dan teknologi komunikasi. Dua media yang sangat membantu dalam
mempertemukan produsen dan konsumen.
Dan di dalam Internet, melalui situs web
korporat, citra perusahaan Anda dapat dilihat di mana saja dan oleh siapa saja,
namun kenyataannya para manajer bisnis/pemasaran kurang jeli melihat potensi
yang sesungguhnya akan kenyataan mereka dapat DIJANGKAU dan MENJANGKAU pasar
secara global.
Hal ini tidak heran karena mereka kurang
menerapkan strategi pemasaran via internet yg disebut sebagai EMARKETING yang
kemudian didukung oleh customer service yg cepat via internet pula. Itulah
sebabnya banyak situs web yang muncul, banyak pula yang gugur atau paling tidak
hanya pasif bak layaknya brosur pasif.
Hanya sedikit yang bertahan dan mampu
membiayai dirinya sendiri dan membiayai orang-orang yang bekerja untuknya.
Penerapan EMARKETING dan customer service
yang baik melalui internet sangat memegang peranan penting dalam kesuksesan
bisnis di Internet. Ingat, bahwa internet adalah media yang berbeda bila itu
menyangkut pemasaran.
Advertising sangat berbeda di Internet
mengingat internet adalah media fast-paced, artinya para pebisnis yang terlibat
dalam menggunakan internet bukan dalam kondisi relaks namun berkonsentrasi pada
satu hal atau aktivitas. Berbeda dengan kalau orang sedang menonton televisi
atau mendengarkan radio, umumnya perhatian mereka terbagi ke dua atau tiga hal
atau aktivitas itulah sebabnya reaksi mereka lebih lamban. Jadi ini dia secara
dasar yang membuatnya berbeda gaya advertising di Internet.
Karena Internet sifatnya interaktif, pada
umumnya orang sedang dalam keadaan duduk dan mencurahkan perhatian pada apa
yang dilihat di layar komputer. Jika situs web korporat Anda memberikan manfaat
yang menggugah emosi pengunjung, maka inilah yang akan memotivasi orang untuk
bertindak.
Namun jika situs web Anda tidak memiliki
manfaat yang dapat diberikan untuk menimbulkan keinginan, maka Anda akan
kehilangan mereka. Anda hanya membutuhkan beberapa detik untuk menimbulkan
MINAT mereka dan memastikan agar mendapatkan identitas mereka agar mudah
dihubungi (follow-up).
Membangun KEPERCAYAAN juga adalah hal yang
sering diabaikan oleh para pelaku bisnis yang menggunakan media internet. Situs
web yang lama didownload, tidak adanya contact person yg jelas, dan cara
menghubungi pemiliknya. Belum kenal, baru masuk, sudah langsung disuruh membeli
barang sebaliknya daripada memupuk persahabatan dan mengikis keragu-raguan
terlebih dahulu.
Karena itu saya coba menjabarkan 12 langkah
penting yang perlu diperhatikan dan diterapkan untuk membantu agar situs web
bisnis korporat Anda tidak lebih dari sekadar brosur pasif namun MAMPU
memaksimalkan kekuatan Internet untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau
pun bisnis perusahan Anda atau individu.
Langkah#1.
Miliki situs web resmi berikut nama domain sendiri yang singkat dan lebih mudah diingat, mudah diucapkan dan tidak ada resiko kelebihan atau kekurangan huruf. Dan jangan taruh (hosting) di situs web gratis. Manfaatnya adalah untuk membangun kredibilitas. Anda pun akan lebih memiliki kendali dari apa yang dapat dipresentasikan di situs web korporat Anda.
Miliki situs web resmi berikut nama domain sendiri yang singkat dan lebih mudah diingat, mudah diucapkan dan tidak ada resiko kelebihan atau kekurangan huruf. Dan jangan taruh (hosting) di situs web gratis. Manfaatnya adalah untuk membangun kredibilitas. Anda pun akan lebih memiliki kendali dari apa yang dapat dipresentasikan di situs web korporat Anda.
Langkah #2
Kenali pasar Anda dan khususnya ceruk
pasarnya (niche). Jika Anda tidak tahu ke siapa Anda mempromosikannya, maka itu
sama seperti Anda menembak ke segala arah. Model Bisnis offline tidak bisa
diaplikasikan untuk model bisnis di Internet.
Mereka yang hobi memancing tidak akan
berminat dengan perlengkapan berburu. Pengiklanan yang tidak targeted akan
sangat membuang-buang waktu.
Langkah#3
Berupayalah untuk mendapatkan urutan atas di situs pencari. Meskipun para ahli setuju bahwa situs pencari sangat bermanfaat untuk menarik target pasar Anda, namun terlalu mencurahkan terlalu banyak waktu tanpa keahlian yang dibutuhkan adalah sangat membuang-buang waktu dan menjadi kontra-produktif.
Berupayalah untuk mendapatkan urutan atas di situs pencari. Meskipun para ahli setuju bahwa situs pencari sangat bermanfaat untuk menarik target pasar Anda, namun terlalu mencurahkan terlalu banyak waktu tanpa keahlian yang dibutuhkan adalah sangat membuang-buang waktu dan menjadi kontra-produktif.
Langkah#4
Kembangkan dan promosikan produk yang cocok dengan ceruk pasar Anda. Di sini Anda jelas bukan, Produk dulu atau Ceruk pasar dulu yang harus diidentifikasi? Dan tentunya Anda pun tidak akan menjual peralatan kosmetik ke target pasar pria. Produk Anda harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari target pasar Anda.
Kembangkan dan promosikan produk yang cocok dengan ceruk pasar Anda. Di sini Anda jelas bukan, Produk dulu atau Ceruk pasar dulu yang harus diidentifikasi? Dan tentunya Anda pun tidak akan menjual peralatan kosmetik ke target pasar pria. Produk Anda harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari target pasar Anda.
Langkah#5
Promosikan, Tes dan Lacak. Buatlah iklan promosi yang efektif dan kemudian periksa apakah itu mendatangkan hasil yang Anda inginkan. Karena itu Anda harus periksa, periksa dan terus periksa. Juga Anda pun tidak akan tahu keefektifan iklan promosi Anda kalau Anda tidak lacak. Bagaimana cara lacaknya?
Promosikan, Tes dan Lacak. Buatlah iklan promosi yang efektif dan kemudian periksa apakah itu mendatangkan hasil yang Anda inginkan. Karena itu Anda harus periksa, periksa dan terus periksa. Juga Anda pun tidak akan tahu keefektifan iklan promosi Anda kalau Anda tidak lacak. Bagaimana cara lacaknya?
Langkah#6
Tulislah artikel dan terbitkan di berbagai situs web yang menerbitkan ezine, namun sesuaikan dengan target pembacanya. Misalnya kalau target Anda adalah para orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun dan di wilayah Indonesia maka bisa kirimkan ke ezine yang diterbitkan di http://www.balitacerdas.com atau kalau ingin melihat direktori ezine untuk menarget pasar di seluruh dunia, mungkin bisa lihat di direktori ezine di http://www.ezinedirectory.com Ini adalah cara yang efektif untuk memastikan kredibilitas bisnis Anda.
Tulislah artikel dan terbitkan di berbagai situs web yang menerbitkan ezine, namun sesuaikan dengan target pembacanya. Misalnya kalau target Anda adalah para orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun dan di wilayah Indonesia maka bisa kirimkan ke ezine yang diterbitkan di http://www.balitacerdas.com atau kalau ingin melihat direktori ezine untuk menarget pasar di seluruh dunia, mungkin bisa lihat di direktori ezine di http://www.ezinedirectory.com Ini adalah cara yang efektif untuk memastikan kredibilitas bisnis Anda.
Langkah#7
Terbitkan ezine (newsletter elektronik) korporat Anda sendiri. Ini adalah cara terbaik untuk membangun kredibilitas korporat. Dan sekaligus Anda dapat memiliki komunitas pembaca yang semuanya adalah target pasar Anda.
Terbitkan ezine (newsletter elektronik) korporat Anda sendiri. Ini adalah cara terbaik untuk membangun kredibilitas korporat. Dan sekaligus Anda dapat memiliki komunitas pembaca yang semuanya adalah target pasar Anda.
Langkah#8
Implementasikan program promosi berdasarkan membangun referral bisnis. Ini sangat banyak membantu untuk mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut dari klik ke klik.
Implementasikan program promosi berdasarkan membangun referral bisnis. Ini sangat banyak membantu untuk mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut dari klik ke klik.
Langkah#9
Ikuti newsgroups dan kelompok diskusi online yang sesuai dengan ceruk pasar Anda. Gunakan sig file untuk mempromosikan bisnis Anda secara tak kentara sebaliknya daripada promosi blak-blakan di forum maya ini yang tidak diizinkan ini.
Ikuti newsgroups dan kelompok diskusi online yang sesuai dengan ceruk pasar Anda. Gunakan sig file untuk mempromosikan bisnis Anda secara tak kentara sebaliknya daripada promosi blak-blakan di forum maya ini yang tidak diizinkan ini.
Langkah#10
Kembangkan strategi pemasaran bergaya virus (viral). Buatkan suatu program atau sistem yang dengan mudah dapat dibagi-bagikan oleh para pengunjung situs bisnis Anda ke seantero jaringan teman-teman mereka. Dengan demikian, publisitas produk bisnis Anda di Internet, akan cepat sehingga ROI anda akan cepat diperoleh.
Langkah#11
Gunakan sistem autoresponder. Dengan sistem ini - bagaikan sekretaris online 24 jam - Anda akan mensimulasikan jawaban yang cepat (layaknya percakapan alami) kepada si penanya yang telah diarahkan ke suatu autoresponder email yang sekaligus dapat memberikan email penjualan secara follow-up kepada para prospek. (untuk informasi lebih jauh dalam hal ini bisa dilihat di http://www.bjoconsulting.com/artikel/em/autoresponse.htm ) Ingat kebanyakan penjualan adalah hasil dari beberapa kali follow-up.
Gunakan sistem autoresponder. Dengan sistem ini - bagaikan sekretaris online 24 jam - Anda akan mensimulasikan jawaban yang cepat (layaknya percakapan alami) kepada si penanya yang telah diarahkan ke suatu autoresponder email yang sekaligus dapat memberikan email penjualan secara follow-up kepada para prospek. (untuk informasi lebih jauh dalam hal ini bisa dilihat di http://www.bjoconsulting.com/artikel/em/autoresponse.htm ) Ingat kebanyakan penjualan adalah hasil dari beberapa kali follow-up.
Langkah#12
Hendaklah persisten dan konsisten dalam segala upaya bisnis Anda. Ikuti setiap jadwalnya sebaik mungkin. Tidak perlu muluk-muluk, namun buatlah rencana ke depan. Rencana per bulan, Rencana Triwulan. Kemudian
Hendaklah persisten dan konsisten dalam segala upaya bisnis Anda. Ikuti setiap jadwalnya sebaik mungkin. Tidak perlu muluk-muluk, namun buatlah rencana ke depan. Rencana per bulan, Rencana Triwulan. Kemudian
Langkah-langkah ini adalah hanya sebagian
saja dari inisiatif bisnis internet. Tentu sulit bagi saya menjabarkan semua
langkah melalui dua halaman kolom ini. Sebenarnya saya telah merumuskan ada 40
langkah Indonesian Standard of Internet Marketing
2003 (ISIM 2003) untuk mempersiapkan suatu bisnis agar lebih MUDAH dijangkau
dan menjangkau pasar bahkan untuk skala global.
Setiap program pemasaran di Internet
menspesifikasi satu atau lebih dari seperti halnya langkah-langkah yang
diuraikan di atas sebagai fondasi untuk kesuksesan di era globalisasi yang
disulut oleh kekuatan Internet yang telah menyatukan ke dalam suatu perkawinan
antara teknologi komunikasi dan informasi untuk menjangkau prospek.
Gabungkan seluruh upaya pemasaran offline
dan online. Dan lihat 'brand' Anda akan menonjol dan tentunya peningkatan
penjualan. Ingatlah bahwa tidak ada satu pun yang telah dikembangkan dan
diciptakan yang tidak bisa diimprovisasi. Luangkan waktu untuk menganalisa
hal-hal tersebut untuk memaksimalkan kekuatan internet sebagai media promosi
dan lakukan improvisasi demi keefektifan. Sehingga BISNIS MAYA Anda tidak akan
menghasilkan KEUNTUNGAN MAYA pula.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.