Beyond Beautiful : Wanita; Keluarga dan Cinta

Kumpulan tips bagi wanita tentang bisnis, karir, keluarga dan cinta. Sukses itu penting, namun cinta lebih penting.

Sunday, February 17, 2013

Menjual dan Menghasilkan Uang di Internet



Sudahkah Anda membuat MUDAH agar Pasar Global MENJANGKAU bisnis Anda? Juga apakah Anda secara aktif berupaya MENJANGKAU pasar global? Banyak cara untuk melakukan hal itu. Namun bila ditinjau dari segi investasi, apa cara yang paling murah? 

Jawabannya adalah melalui strategi EMARKETING. Bob Julius Onggo dalam ‘Cyber Branding Through Cyber Marketing’ mengulas hal ini dengan gamblang. Berikut adalah kutipan artikel 12 Strategi agar produk Anda menjangkau dan dijangkau pasar.

Sekadar memiliki situs web saja, bukan berarti perusahaan Anda telah melakukan strategi emarketing. Menurut buku "Rethinking Marketing" dan juga buku "Rethinking the Sales Force" telah terjadi pergeseran fungsi marketing dan fungsi sales force. Kedua fungsi ini apalagi dalam era globalisasi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam strategi bisnis korporat.

Suatu commerce tradisional (agar terjadi jual-beli) tidak bisa berjalan tanpa adanya fungsi marketing dan fungsi sales yang solid. Karena kedua fungsi ini sangat berperan dalam membidik pasar (market development) dan memotivasi EMOSI dan MINAT prospek untuk dikonversi menjadi pelanggan.

Karena itu proses ini pun sangat diperlukan agar dunia e-commerce berhasil. Tanpa fungsi EMARKETING dan ESALESMAN yang solid, maka proses hingga ke fullfilment (terjadinya jual-beli) tidak akan atau sulit terjadi. Inilah penyebabnya mengapa generasi e-commerce pertama mengalami kegagalan.
 Generasi e-commerce pertama lebih banyak digembar-gemborkan oleh hiruk pikuk para pelaku TI, bukan oleh para pelaku marketing atau dunia bisnis.

Karena itu, kolom kali ini, saya akan memperlihatkan bahwa agar e-commerce berhasil, maka harus didukung oleh EMARKETING dan konsep ESALESMAN yg mantap.

Karena itu peran dari strategi EMARKETING adalah untuk membantu "marketing mix" dalam membuat MUDAH bagi SIAPA SAJA untuk menjangkau bisnis Anda, atau sebaliknya.
Media utama untuk memenuhi hal ini dalam skala global adalah Internet. Karena internet telah MENGAWINKAN teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Dua media yang sangat membantu dalam mempertemukan produsen dan konsumen.

Dan di dalam Internet, melalui situs web korporat, citra perusahaan Anda dapat dilihat di mana saja dan oleh siapa saja, namun kenyataannya para manajer bisnis/pemasaran kurang jeli melihat potensi yang sesungguhnya akan kenyataan mereka dapat DIJANGKAU dan MENJANGKAU pasar secara global.

Hal ini tidak heran karena mereka kurang menerapkan strategi pemasaran via internet yg disebut sebagai EMARKETING yang kemudian didukung oleh customer service yg cepat via internet pula. Itulah sebabnya banyak situs web yang muncul, banyak pula yang gugur atau paling tidak hanya pasif bak layaknya brosur pasif.

Hanya sedikit yang bertahan dan mampu membiayai dirinya sendiri dan membiayai orang-orang yang bekerja untuknya.
Penerapan EMARKETING dan customer service yang baik melalui internet sangat memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis di Internet. Ingat, bahwa internet adalah media yang berbeda bila itu menyangkut pemasaran.

Advertising sangat berbeda di Internet mengingat internet adalah media fast-paced, artinya para pebisnis yang terlibat dalam menggunakan internet bukan dalam kondisi relaks namun berkonsentrasi pada satu hal atau aktivitas. Berbeda dengan kalau orang sedang menonton televisi atau mendengarkan radio, umumnya perhatian mereka terbagi ke dua atau tiga hal atau aktivitas itulah sebabnya reaksi mereka lebih lamban. Jadi ini dia secara dasar yang membuatnya berbeda gaya advertising di Internet.

Karena Internet sifatnya interaktif, pada umumnya orang sedang dalam keadaan duduk dan mencurahkan perhatian pada apa yang dilihat di layar komputer. Jika situs web korporat Anda memberikan manfaat yang menggugah emosi pengunjung, maka inilah yang akan memotivasi orang untuk bertindak.

Namun jika situs web Anda tidak memiliki manfaat yang dapat diberikan untuk menimbulkan keinginan, maka Anda akan kehilangan mereka. Anda hanya membutuhkan beberapa detik untuk menimbulkan MINAT mereka dan memastikan agar mendapatkan identitas mereka agar mudah dihubungi (follow-up).

Membangun KEPERCAYAAN juga adalah hal yang sering diabaikan oleh para pelaku bisnis yang menggunakan media internet. Situs web yang lama didownload, tidak adanya contact person yg jelas, dan cara menghubungi pemiliknya. Belum kenal, baru masuk, sudah langsung disuruh membeli barang sebaliknya daripada memupuk persahabatan dan mengikis keragu-raguan terlebih dahulu.

Karena itu saya coba menjabarkan 12 langkah penting yang perlu diperhatikan dan diterapkan untuk membantu agar situs web bisnis korporat Anda tidak lebih dari sekadar brosur pasif namun MAMPU memaksimalkan kekuatan Internet untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau pun bisnis perusahan Anda atau individu.

Langkah#1.
Miliki situs web resmi berikut nama domain sendiri yang singkat dan lebih mudah diingat, mudah diucapkan dan tidak ada resiko kelebihan atau kekurangan huruf. Dan jangan taruh (hosting) di situs web gratis. Manfaatnya adalah untuk membangun kredibilitas. Anda pun akan lebih memiliki kendali dari apa yang dapat dipresentasikan di situs web korporat Anda.

Langkah #2
Kenali pasar Anda dan khususnya ceruk pasarnya (niche). Jika Anda tidak tahu ke siapa Anda mempromosikannya, maka itu sama seperti Anda menembak ke segala arah. Model Bisnis offline tidak bisa diaplikasikan untuk model bisnis di Internet.
Mereka yang hobi memancing tidak akan berminat dengan perlengkapan berburu. Pengiklanan yang tidak targeted akan sangat membuang-buang waktu.

Langkah#3
Berupayalah untuk mendapatkan urutan atas di situs pencari. Meskipun para ahli setuju bahwa situs pencari sangat bermanfaat untuk menarik target pasar Anda, namun terlalu mencurahkan terlalu banyak waktu tanpa keahlian yang dibutuhkan adalah sangat membuang-buang waktu dan menjadi kontra-produktif.

Langkah#4
Kembangkan dan promosikan produk yang cocok dengan ceruk pasar Anda. Di sini Anda jelas bukan, Produk dulu atau Ceruk pasar dulu yang harus diidentifikasi? Dan tentunya Anda pun tidak akan menjual peralatan kosmetik ke target pasar pria. Produk Anda harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari target pasar Anda.

Langkah#5
Promosikan, Tes dan Lacak. Buatlah iklan promosi yang efektif dan kemudian periksa apakah itu mendatangkan hasil yang Anda inginkan. Karena itu Anda harus periksa, periksa dan terus periksa. Juga Anda pun tidak akan tahu keefektifan iklan promosi Anda kalau Anda tidak lacak. Bagaimana cara lacaknya?

Langkah#6
Tulislah artikel dan terbitkan di berbagai situs web yang menerbitkan ezine, namun sesuaikan dengan target pembacanya. Misalnya kalau target Anda adalah para orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun dan di wilayah Indonesia maka bisa kirimkan ke ezine yang diterbitkan di http://www.balitacerdas.com atau kalau ingin melihat direktori ezine untuk menarget pasar di seluruh dunia, mungkin bisa lihat di direktori ezine di http://www.ezinedirectory.com Ini adalah cara yang efektif untuk memastikan kredibilitas bisnis Anda.

Langkah#7
Terbitkan ezine (newsletter elektronik) korporat Anda sendiri. Ini adalah cara terbaik untuk membangun kredibilitas korporat. Dan sekaligus Anda dapat memiliki komunitas pembaca yang semuanya adalah target pasar Anda.

Langkah#8
Implementasikan program promosi berdasarkan membangun referral bisnis. Ini sangat banyak membantu untuk mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut dari klik ke klik.

Langkah#9
Ikuti newsgroups dan kelompok diskusi online yang sesuai dengan ceruk pasar Anda. Gunakan sig file untuk mempromosikan bisnis Anda secara tak kentara sebaliknya daripada promosi blak-blakan di forum maya ini yang tidak diizinkan ini.

Langkah#10

Kembangkan strategi pemasaran bergaya virus (viral). Buatkan suatu program atau sistem yang dengan mudah dapat dibagi-bagikan oleh para pengunjung situs bisnis Anda ke seantero jaringan teman-teman mereka. Dengan demikian, publisitas produk bisnis Anda di Internet, akan cepat sehingga ROI anda akan cepat diperoleh.

Langkah#11
Gunakan sistem autoresponder. Dengan sistem ini - bagaikan sekretaris online 24 jam - Anda akan mensimulasikan jawaban yang cepat (layaknya percakapan alami) kepada si penanya yang telah diarahkan ke suatu autoresponder email yang sekaligus dapat memberikan email penjualan secara follow-up kepada para prospek. (untuk informasi lebih jauh dalam hal ini bisa dilihat di http://www.bjoconsulting.com/artikel/em/autoresponse.htm ) Ingat kebanyakan penjualan adalah hasil dari beberapa kali follow-up.
Langkah#12
Hendaklah persisten dan konsisten dalam segala upaya bisnis Anda. Ikuti setiap jadwalnya sebaik mungkin. Tidak perlu muluk-muluk, namun buatlah rencana ke depan. Rencana per bulan, Rencana Triwulan. Kemudian
Langkah-langkah ini adalah hanya sebagian saja dari inisiatif bisnis internet. Tentu sulit bagi saya menjabarkan semua langkah melalui dua halaman kolom ini. Sebenarnya saya telah merumuskan ada 40 langkah Indonesian Standard of Internet Marketing 2003 (ISIM 2003) untuk mempersiapkan suatu bisnis agar lebih MUDAH dijangkau dan menjangkau pasar bahkan untuk skala global.

Setiap program pemasaran di Internet menspesifikasi satu atau lebih dari seperti halnya langkah-langkah yang diuraikan di atas sebagai fondasi untuk kesuksesan di era globalisasi yang disulut oleh kekuatan Internet yang telah menyatukan ke dalam suatu perkawinan antara teknologi komunikasi dan informasi untuk menjangkau prospek.

Gabungkan seluruh upaya pemasaran offline dan online. Dan lihat 'brand' Anda akan menonjol dan tentunya peningkatan penjualan. Ingatlah bahwa tidak ada satu pun yang telah dikembangkan dan diciptakan yang tidak bisa diimprovisasi. Luangkan waktu untuk menganalisa hal-hal tersebut untuk memaksimalkan kekuatan internet sebagai media promosi dan lakukan improvisasi demi keefektifan. Sehingga BISNIS MAYA Anda tidak akan menghasilkan KEUNTUNGAN MAYA pula.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.