Beyond Beautiful : Wanita; Keluarga dan Cinta

Kumpulan tips bagi wanita tentang bisnis, karir, keluarga dan cinta. Sukses itu penting, namun cinta lebih penting.

Thursday, February 28, 2013

Menyikapi Konflik di Tempat Kerja

Perselisihan yang terjadi di tempat kerja dapat menimbulkan stres dan bersifat kontraproduktif bagi siapapun yang terlibat di dalamnya. Tak jarang, masalah kecil yang dibiarkan berlarut-larut dapat berujung pada konflik, yang akhirnya menimbulkan perpecahan sebuah tim.

Kadang-kadang, perbedaan pendapat di lingkungan kantor memang tidak dapat dihindari. Perselisihan dapat terjadi kapan saja, baik dengan atasan atau sesama rekan kerja. Berikut ini beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk berdamai dan mengatasi konflik:

  1. Lebih cepat Anda menyelesaikan konflik, lebih baik hasilnya. Jangan menunggu terlalu lama, karena hal itu hanya akan membuat situasi menjadi bertambah parah.
  2. Jangan berasumsi. Cara termudah untuk mengetahui alasan di balik ucapan/pandangan/ perbuatan tidak menyenangkan seseorang adalah dengan bertanya langsung kepadanya.
  3. Undang orang yang bermasalah itu untuk berbicara secara baik-baik. Jika perlu, sediakan waktu dan tempat khusus agar Anda dapat menyelesaikan persoalan dengan tenang dan mendapatkan privasi.
  4. Jaga sikap Anda supaya tetap tenang dan sopan. Berpikirlah secara rasional dan fokuskan perhatian pada situasi yang dihadapi. Jangan menyerang hal-hal yang bersifat personal, karena hal itu justru akan menjatuhkan kredibilitas Anda.
  5. Berhati-hatilah dengan gestur tubuh, ekspresi wajah, serta nada suara. Jangan terlihat agresif karena hal itu akan membuat orang lain tersinggung dan semakin bersikap defensif.
  6. Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan lawan bicara, dan pastikan Anda mengerti maksud ucapannya.
  7. Jangan ragu untuk menyatakan keinginan dan perasaan Anda secara jelas, pastikan tetap memahami posisi lawan bicara. Tawarkan sesuatu yang positif sebagai penyelesaian masalah.
  8. Bersikap fleksibel. Permasalahan tidak akan selesai apabila tidak ada yang mau mengalah demi kepentingan bersama.
  9. Jangan malu meminta maaf apabila kesalahan terletak di tangan Anda.
  10. Apabila pembicaraan tersebut tidak menghasilkan kesepakatan, minta bantuan pihak lain untuk melakukan mediasi konflik.
dari Buku "Employee Revolution"

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.